Waktu Terbaik untuk Memeriksa Gula Darah - LDII Merangin

Breaking

Kamis, 04 April 2019

Waktu Terbaik untuk Memeriksa Gula Darah

Pemeriksaan gula darah secara teratur dapat mencegah diabetes
Pemeriksaan gula darah perlu dilakukan secara berkala, terutama bagi yang memiliki resiko tinggi diabetes. Pemeriksaan ini sangat bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah dan perbaikan gaya hidup. Selama ini banyak orang beranggapan bahwa periksa gula darah hanya dapat dilakukan di laboratorium. Padahal saat ini periksa gula darah dapat dilakukan secara mandiri di rumah.

Periksa gula darah mandiri (PGDM) akan memberikan informasi tentang angka glukosa darah harian terkait dengan beberapa aktivitas.  Gula darah yang terkontrol juga dapat mencegah terjadinya komplikasi diabetes. Hal tersebut perlu dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah, menurunkan angka kesakitan dan kematian.

Manfaat tersebut bisa didapatkan bila dilakukan pada waktu yang tepat. Waktu pemeriksaan tentu berbeda setiap penderita diabetes satu sama lain. PGDM disesuaikan dengan kebutuhan dan pengobatan yang sedang dilakukan. Namun jadwal PGDM yang dianjurkan adalah.

1. Sebelum makan dan saat berpuasa
Untuk acuan dosis insulin yang akan diberikan. Selain itu juga bertujuan untuk menilai batas bawah glukosa.

2. Dua jam setelah makan
Bertujuan untuk menilai puncak glukosa.

3. Menjelang tidur
Bertujuan untuk mengidentifikasi risiko hipoglikemia yang mungkin terjadi.

Bagi pasien diabetes, PGDM sesuai dengan jadwal yang dianjurkan dokter, adalah hal yang sangat penting dan wajib dilakukan. Hasil PGDM pun harus selalu dicatat. Dengan begitu, dokter yang menangani dapat mengevaluasi dosis obat yang sedang dikonsumsi oleh pasien. Selain itu, pasien juga dapat menjalani kehidupan sehari-hari dengan nyaman bila gula darah dapat terkontrol dengan baik.

Meski tidak menderita diabetes, Anda pun tetap harus mewaspadai resiko diabetes yang ada. Segera periksakan kadar gula darah, bila Anda mengalami beberapa gejala diabetes, seperti mudah haus dan lapar, sering buang air kecil, berat badan menurun tanpa sebab yang jelas, dan cepat lelah serta mengantuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar