Penuhi Zat Gizi untuk Daya Tahan Tubuh - LDII Merangin

Breaking

Jumat, 12 April 2019

Penuhi Zat Gizi untuk Daya Tahan Tubuh

Dengan memenuhi kebutuhan akan zat gizi tertentu maka daya tahan tubuh Anda akan tetap terjaga. 
Aktivitas yang cukup banyak seringkali membuat tubuh kita menjadi lebih rentan sakit. Apalagi bila cuaca di sekitar kita sedang tak baik. Sebentar panas, sesaat kemudian hujan deras. Alih-alih menyalahkan aktivitas, untuk mempertahankan daya tahan tubuh, Anda  perlu mendapatkan asupan makanan yang bergizi. Dari makanan tersebut kita bisa mendapatkan zat gizi yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Apa saja zat gizi yang dibutuhkan tersebut?
1. Vitamin C
Vitamin C berkaitan erat dengan daya tahan tubuh. Hal ini karena vitamin C dimanfaatkan oleh sel darah putih untuk melawan infeksi dan peradangan. Mengonsumsi makanan sumber vitamin C juga bisa membantu tubuh dalam mempercepat penyembuhan luka. Anda sebaiknya mengonsumsi vitamin C dari sumber alami seperti jeruk, mangga, semangka, atau pepaya.
2. Vitamin A
Untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas, tubuh memerlukan asupan vitamin A dalam jumlah yang cukup. Dengan terlindunginya sel-sel tubuh, maka tubuh akan terhindar dari serangan penyakit. Vitamin A juga berfungsi meningkatkan kerja sel darah putih, menjaga kesehatan kulit dan jaringan lunak. Beberapa makanan sumber vitamin A antara lain pisang, pepaya, dan makanan yang berwarna kuning atau orange.
3. Vitamin E
Vitamin E juga memiliki peran dalam mengikat radikal bebas yang terbentuk dari oksidasi. Vitamin E juga digunakan tubuh untuk melawan infeksi. Kacang almond, jagung, kacang kedelai, dan kacang tanah merupakan bahan makanan sumber vitamin E.
4. Zat besi
Zat besi dibutuhkan tubuh untuk menghilangkan bakteri. Selain itu, bila tubuh kekurangan zat besi maka akan berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh. Anda bisa mendapatkan zat besi dari bahan makanan seperti daging, kacang merah, tomat, dan bayam.
5. Seng
Tubuh yang kekurangan seng berakibat pada penurunan kemampuan sel imun seperti sel T. Dengan asupan seng yang cukup, kekebalan tubuh yang lemah dapat kembali seperti semula. Makanan sumber seng antara lain daging, telur, kacang-kacangan, sereal, yoghurt, dan kerang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar