Jangan Takut Konsumsi Makanan Berlemak - LDII Merangin

Breaking

Selasa, 19 Februari 2019

Jangan Takut Konsumsi Makanan Berlemak


Bila Kita perhatikan, banyak makanan kemasan yang berlabel low fat atau zero fat. Makanan ini biasanya sering dikonsumsi oleh orang yang perlu membatasi konsumsi lemak. Namun, tak menutup kemungkinan, orang yang masih membutuhkan asupan lemak juga ikut mengonsumsi makanan jenis ini. Tak salah memang. Namun, konsumsi lemak, terutama lemak baik juga bermanfaat bagi tubuh. Antara lain:

  • Menjaga kesehatan cairan empedu
Cairan empedu berfungsi untuk mencerna lemak. Sehingga makanan yang tidak mengandung lemak bisa menghambat produksinya. Pada akhirnya, empedu terus menyimpan cairan empedu dan bila tidak digunakan, maka akan mengental dan berakibat terganggunya proses pencernaan.
  • Melarutkan vitamin
Terdapat 4 vitamin yang larut dalam lemak, yaitu vitamin A, D, E dan K. Dengan bantuan lemak vitamin-vitamin ini akan diedarkan ke seluruh tubuh yang membutuhkan. Bila tubuh kekurangan lemak, maka vitamin yang larut lemak ini bisa terhambat penyerapannya.

  • Menyeimbangkan kolesterol
Tidak semua kolesterol itu jahat. Terdapat 2 jenis lemak yang berada di dalam tubuh, yaitu HDL (lemak baik) dan LDL (lemak jahat). LDL inilah yang biasanya menyebabkan penyakit dalam bentuk padat dan menggumpal . Dengan mengonsumsi lemak baik, lemak LDL justru akan diubah menjadi lemak yang bisa berguna bagi tubuh.

  • Menambah cita rasa makanan
Inilah alasan kenapa paha ayam lebih digemari daripada ayam bagian dada. Karena Tanpa lemak, makanan tidak akan seenak kalau mengandung lemak. Dengan rasa yang diperoleh dari lemak, maka kita tak perlu menambahkan garam dan gula dalam jumlah banyak.

Meskipun lemak bermanfaat bagi kesehatan, namun bukan berarti kita boleh mengonsumsi makanan berlemak setiap hari. Dari total kebutuhan kalori per hari atau sekitar 60  gram lemak per hari dianjurkan untuk membatasi konsumsi lemak hingga 20 persen . Untuk mendapatkan jumlah tersebut, Anda bisa mengonsumsi 1 sendok makan minyak kelapa, 2 sendok makan mentega, 250 ml susu sapi,  1 buah avokad, 100 gram daging steak dan 125 ml es krim.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar